UKS SMPN 2 Makassar Manfaatkan Tanaman Herbal Sebagai Obat

IMG_1958smp2

Dr. Haniah Mukhtar Tahir, M.Pd kepsek SMP Negeri 2 Makassar

MAKASSAR, REPORTASE PENDIDIKAN-  SMP Negeri 2 Makassar membuat terobosan dengan membuat Unit Kesehatan Sekolah (UKS) dengan menggunakan tanaman herbal sebagai obatnya. UKS yang rencananya akan launching setelah lebaran ini sudah dapat digunakan sebagai sarana pengobatan di sekolah, ujar Dr. Haniah Mukhtar Tahir, M.Pd di ruang kantornya, selasa (21/6).

Mantan guru SMP Negeri 6 Makassar ini juga menjelaskan, UKS ini tidak berdiri begitu saja melainkan ditunjang dengan kemampuan seorang guru di sekolah ini yang punya ilmu dan pemahaman terhadap fungsi dan manfaat tanaman herbal untuk pengobatan. Bahkan guru yang bernama Arnida ini, telah membuat beberapa buku tentang pengobatan tanaman herbal yang telah diteliti sampai ke luar negeri.

IMG_1958b  bb

Dr. Haniah bersama gurunya (Arnidah) saat berada di kebun tanaman herbal

Selain itu, tanaman herbal yang dijadikan obat ini, sudah tertanam dan tertata baik di dalam lingkungan SMP Negeri 2 Makassar.

“Sebelum UKS ini launching, kami sudah mempersiapkan segalanya, baik ruangan dan fasilitasnya, begitu pun dengan tenaga perawat yang terdiri dari guru dan siswa sendiri,” terang Haniah.

UKS dengan memanfaatkan tanaman herbal sebagai obat ini, bisa jadi baru pertama kali diterapkan oleh SMP Negeri 2 Makassar di Indonesia. (AM)

IMG_1958fgfgfgf

Saat berada dalam ruangan UKS

Tinggalkan komentar